Kamis, 01 November 2012

SEJARAH NEGATIF

 Sejarah Negatif
          Dilihat dari sisi negatif nya, sejarah itu ;
1.Bukan Mitos
Dalam bahasa yunani mythos berarti dongeng. Sama-sama menceritakan masa lalu, tetapi sejarah berbeda dengan mitos. Mitos menceritakan masa lalu dengan waktu yang tidak jelas, kejadian yang tidak masuk akal orang masa kini. Mitos biasanya dimulai dengan kata empunya cerita atau shahibul hikayat. Mitos-mitos mempunyai kegunaan tersendiri, tetapi mitos bukan sejarah. D alam mitos tidak ada penjelasan tentang kapan peristiwa terjadi, sedangkan dalam sejarah, semua oeristiwa secara persis kapan terjadinya.
2. Bukan Filsafat
        Karena filsafat merupakan hasil-hasil anggapan atau pola pikir manusia yang di kembangkan dengan memasukkan logika-logika yang dianggap memiliki kebenaran. Sedangkan sejarah adalah peristiwa yang benar-benar terjadi dan dapat di buktikan dengan bukti, fakta dan data.
3. Bukan Ilmu Alam
        Di satu pihak, ilmu-ilmu alam bertujuan menemukan hokum-hukum umum bersifat nomodetis. Sedangkan sejarah menuliskan hal-hal yang khas dan unik atau bersifat ideografik (ilmu yang menuliskan fikiran pelaku).
4. Bukan Sastra
          Sejarah bukan lah suatu karya yang di buat atau di munculkan oleh para sastrawan. Karena sejarah merupakan suatu peristiwa yang  benar-benar terjadi adanya. Sedangkan sastra adalah hasil imajinasi semata yang tidak memiliki data ataupun fakta yang nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar