Rabu, 31 Oktober 2012

MANUSIA ZAMAN PRASEJARAH DAN CIRI- CIRINYA

MANUSIA ZAMAN PRASEJARAH DAN CIRI- CIRINYA

          Dalam hal penemuan fosil manusia purba, indonesia menempati posisi yangpenting, sebab fosil- fosil manusia purba yang di temukan di indonesia berasal dari kala pleistosen sehingga tampak jelas perkembangan fisik manusia purba tersebut . manusia- manusia purba yang ditemukan di Indonesia adalah sebagai berikut.
1. Pithecanthropus
Fosil pithecanthropus merupakan fosil manusia purba yang palingbanyak ditemukan di Indonesia. Fosil pithecanthropus berasal dari pleistosen lapisan bawah dan tengah . mereka hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan . mereka sudan makan segalanya, tetap makanannya beum dimasak. Pithecanthropus terdiri dari
a. Pithecanthropus Erectus
          Fosil ini ditemukan oleh Eugine Dubois di desa Trinil, Ngawi, Jawa Timur, pada tahun 1890 berasal dari lapisan pleitosen tengah. Mereka hidup sekitar satu juta sampai satu setengah juta tahun yanglalu.
Ciri- ciri Pithecanthropus erectus adalah:
  • berjalan tegak dan badan tegap
  • memiliki alat pengunyah yang kuat.
  • Volume otak mencapai 900cc.
b. Pithecanthropus Mojokertensis
Fosil pithecanthropus mojokertensis ditemukan oleh koenigswald di desa perning, lembah Bengawan Solo Mojokerto, jawa timur pada lapisan bawah pleistosen bawah. Temuan tersebut berupa fosil anak- anak berusia sekitar 5 tahun. Mahluk ini diperkirakan hidup sekitar 2,5 sampai 2,25 juta tahun yang lalu.

Ciri- ciri Pithecanthropus Mojokertensis:
  • berbadan tegap
  • tukang muka menonjol ke depan
  • kening tebal
  • tulang pipi kuat

c. Pithecanthropus Robustus
          Fosil ini ditemukan oleh weidenreich dan Von koenigswald pada tahun 1939 di Trinil, lembah Bengawan Solo. Fosil ini berasal dari lapisan pleistosen bawah. Von koenigswald menganggap fosil ini sejenis dengan pithecanthropus Mojokertensis.
2. Meganthropus Paleojavanicus
          Fosil meganthropus Paleojavanicus ditemukan oleh Von Koenigswald di Sangiran, lembah Bengawan Solo pada tahun 1936 – 1941. fosil ini berasal dari lapisan pleistosen bawah. Sebagian ahli menganggap bahwa Meganthropus Paleojavanicus sebenarnya merupakan Pithecanthropus dengan badan besar.
Ciri- ciri Meganthropus Paleojavanicus :
  • memiliki badan yang tegap dan rahang yang besar dan kuat
  • hidup dengan cara mengumpulkan makanan (food gathering)
  • makanan utamanya tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan
3. Homo Soloensis   
           Fosil homo soloensis ditemukan di Ngandong, Blora, di Sangiran dan Sambung Macan, Sragen, oleh Ter haar, Oppenoorth, dan Von koenigswald pada tahun 1931- 1933 dari lapisan Pleistosen Atas. Homo soloensis di perkirakan hidup sekitar 900.000 sampai 300.000 tahun yang lalu. Volume otaknya mencapai 1300cc.
          Menurut Von koenigswald mahluk ini lebih tinggi tingkatannya dibandingkan dengan Pithecanthropus erectus. Diperkirakan juga mahluk ini merupakan evolusi  dari pithecanthropus mojokertensis. Oleh sebagian ahli, homo soloensis digolongkan dengan homo neanderthalensis yang merupakan manusia purba jenis homo sapiens dari Asia, Eropa, dan Afrika berasal dari lapisan Pleistosen atas.
4. Homo Wajakensis
          Fosil homo wajakensis ditemukan oleh Van Reischoten pada tahun 1889 di desa Wajak, Tulungagung.fosil ini kemudian diteliti oleh eugene Dubois. Temuan fosil ini merupakan temuan fosil manusia purba pertama yang dilaporkan berasal dari Indonesia. Manusia purba jenis ini hidup antara 40.000-25.000 tahun yang lalu pada lapisanpleitosen atas. Apabila dibandingkan jenis sebelumnya, homo wajakensis menunjukan kemajuan.
Ciri- ciri homo wajakensis:
  • mempunyai tinggi sekitar 130-210cm
  • berat badan antara 30-150 kg
  • volume otaknya mencapai 1300cc

5 komentar:

  1. makasih gan bermanfaat banget....!!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Thanks for sharing :)
    materinya sangat membantu..

    visit my page : http://erisoncs.student.ipb.ac.id

    BalasHapus